25.1 C
Jakarta
June 16, 2021
Teknologi

Duh, Ternyata Ngecharge di Bandara Berbahaya

Tahukah kamu kalau mengisi daya baterai di tempat umum berbahaya? Menurut salah satu ahli keamanan siber Amerika Serikat (AS), mengisi daya di colokan USB tempat umum beresiko dimodifikasi penjahat siber untuk menginstal malware.

Wakil Presiden X-Force Threat Intelligence di IBM Security, Caleb Barlow menyatakan, malware tersebut bakal mencuri data di dalam smartphone dan berpotensi disalahgunakan.

“Memasukkan smartphone ke port USB publik seperti di bandara ibaratkan menemukan sikat gigi di jalan dan memasukannya ke mulut Anda,” ujar Barlow pada Forbes, seperti dikutip Tekno Liputan6.com, Selasa (28/5/2019).

Laporan IBN X-Force menyebutkan penjahat siber memiliki teknik yang rapi untuk meretas perangkat dan bagaimana menargetkan perangkat tersebut.

Laporan tersebut juga menyatakan, industri transportasi dan jasa keuangan jadi sektor yang paling banyak diserang peretas tahun 2018.

Baca Juga :  Dentuman Misterius Jakarta Bukan yang Pertama, Sudah 5 Kali di Indonesia

Barlow menyarankan para pemilik smartphone untuk membawa powerbank portabel sebagai alternatif. Saat powerbank habis, pemilik smartphone bisa mengisinya lewat slot tersebut.

Reporter:Siti Rahayu
Editor:Fitrah Ramdan
Email Redaksi:redaksi@opinirakyat.com

Author

Related posts

Gojek mulai terapkan “geofencing” di masa PSBB Jakarta

fitrahnueta

Donald Trump Blokir Download TikTok dan WeChat Mulai Minggu Besok

fitrahnueta

Kingston Rilis USB Drive Edisi Khusus Bertema Badminton, Tertarik Koleksi?

fitrahnueta

Tinggalkan kometar