25.2 C
Jakarta
June 17, 2021
Teknologi

Dentuman Misterius Jakarta Bukan yang Pertama, Sudah 5 Kali di Indonesia

Dentuman misterius yang tidak diketahui penyebab dan asalnya kembali terjadi dan meresahkan warga.

Pada Minggu (20/9/2020) sekitar pukul 19.00 sampai 21.00 WIB, warga yang tinggal di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengaku mendengar suara dentuman keras. Kejadian ini lantas berulang pada Senin pagi (21/9/2020) sekitar pukul 05.30. 

Kepala Bidang Mitigasi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono telah mengonfirmasi bahwa suara dentuman semalam tidak berasal dari gempa bumi.

Hal itu dinyatakan berdasarkan monitoring aktivitas gempa dari sensor yang terpasang dekat Jakarta yaitu di Citeko, Bogor, Pondok Aren dan Tangerang Selatan, yang tidak menunjukkan adanya catatan aktivitas gempa antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

“Suara dentuman malam ini (Minggu, 20/9/2020) tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir,” terang Daryono dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com.

Sebetulnya, dentuman misterius yang terjadi sejak kemarin malam di Jakarta bukan kali pertama di Indonesia. Kompas.com mencatat bahwa ada empat kejadian terpisah, dengan dua di antaranya juga terjadi di Jakarta.

Baca Juga :  Gojek mulai terapkan "geofencing" di masa PSBB Jakarta

Berikut paparannya:

1. Dentuman misterius di Jakarta, 11 April 2020

Sebelum kemarin malam, ternyata suara dentuman misterius juga sudah pernah terjadi di Jakarta dan sekitarnya pada tahun ini.

Warga Jakarta, Depok, dan Bogor mendengar bunyi dentuman yang terdengar berulang kali sekitar pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB, Sabtu (11/4/2020).

Suara dentuman misterius pada saat itu juga menimbulkan banyak sekali dugaan sumber atau asal dentuman, di antaranya adalah gempa bumi tektonik, peristiwa longsor, skyquake, aktivitas petir dan erupsi Gunung Anak Krakatau.

Namun, Daryono pada saat itu juga menjelaskan dugaan-dugaan di atas tidak memiliki basis data yang sesuai dengan laporan kejadian yang dirasakan oleh warga.

2. Dentuman misterius di Jawa Tengah, 11 Mei 2020

Suara dentuman misterius yang cukup kuat di tahun 2020 juga pernah terjadi di Jawa Tengah, Senin (11/5/2020).

Peristiwa dentuman miserius itu terjadi dini hari tepatnya antara pukul 00.45 WIB hingga 01.15 WIB.

Baca Juga :  Donald Trump Blokir Download TikTok dan WeChat Mulai Minggu Besok

Awalnya warga setempat menduga dentuman itu berasal dari gerakan di perut bumi melalui aktivitas gempa bumi.

Namun, berdasarkan hasil monitoring dan pengecekan terhadap gelombang seismik dari seluruh sensor gempa BMKG yang tersebar di Jawa Tengah, ternyata tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi.

3. Dentuman misterius di Bandung, 21 Mei 2020

Suara dentuman misterius pernah dilaporkan terdengar oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya pada pukul 08.30 hingga 09.30 WIB, Kamis (21/5/2020).

Suara dentuman itu dianggap misterius karena berbagai instansi terkait juga tidak mengetahui secara pasti dari mana sumbernya berasal.

BMKG secara tegas menyampaikan, tidak ada aktivitas gempa bumi yang signifikan dan cuaca dalam kondisi cerah di Bandung dan sekitarnya sejak pagi hari hingga pukul 10.00 WIB pada hari itu.

“Berdasarkan data Pengamatan Magnet Bumi Fluxgate Magnetometer di Pos Obs BMKG Palabuhanratu, (21/5/2020), tidak terdapat anomali yang signifikan saat suara dentuman tadi pagi. Masih misteri,” tulis Daryono di akun Twitter-nya, seperti dikutip dari Kompas.com (21/5/2020).

Baca Juga :  Viral Video Penjual Bubur di Surabaya Fasih Berbahasa Jepang, Bagaimana Ceritanya?

4. Dentuman misterius di Batam, 26 Desember 2017

Dentuman misterius pernah terjadi beberapa kali pada tahun 2017 di bagian timur Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dan membuat warga sekitar khawatir.

Kejadian dentuman misterius itu mulai dirasakan sekitar pukul 08.30 WIB dan kemudian kembali muncul sekitar pukul 12.20 WIB, Selasa (26/12/2017).

Kendati tidak ada korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan akibat kejadian aneh itu, asal dentuman misterius tersebut masih membuat masyarakat khawatir karena diduga mirip dengan gempa bumi yang bisa menggoyangkan rumah.

Namun, ternyata berdasarkan hasil analisis peralatan sensor BMKG di Tanjungpinang, Kepri, tidak tercatat adanya getaran atau seismik.

Dengan kata lain, suara dentuman misterius yang terjadi itu bukan bersumber dari gempa tektonik di Batam dan sekitarnya.

Sumber : Kompas.com

Reporter:Siti Rahayu
Editor:Fitrah Ramdan
Email Redaksi:redaksi@opinirakyat.com

Author

Related posts

Duh, Ternyata Ngecharge di Bandara Berbahaya

fitrahnueta

Gojek mulai terapkan “geofencing” di masa PSBB Jakarta

fitrahnueta

Kingston Rilis USB Drive Edisi Khusus Bertema Badminton, Tertarik Koleksi?

fitrahnueta

Tinggalkan kometar